Faktor Risiko Kanker Payudara

Faktor Risiko Kanker Payudara – Kanker payudara merupakan jenis kanker yang paling umum diderita oleh wanita. Penyakit ini termasuk jenis penyakit kedua yang mematikan didunia stelah kanker rahim. Oleh sebab itu, sangat penting mengetahui kenali ciri-ciri kanker payudara stadium awal untuk menurunkan terjadinya kanker payudara. 

Kanker payudara merupakan pertumbuhan sel kanker pada jaringan payudara wanita. Kanker payudara yang satu ini termasuk jenis kanker ganas yang menyebabkan kematian pada wanita tertinggi didunia. Sel kanker tersebut dapat tumbuh pada kelenjar yang menghasilkan susu (lobulus), atau disaluran (duktus). Sel tersebut umumnya tumbuh dengan tanda kanker payudara yang membentuk tumor yang terasa seperti benjolan. 

Umumnya kanker payudara ini banyak diderita oleh wanita yang sudah berusia 50 tahun keatas, Namun kanker payudara juga tidak menutup kemungkinan dapat menyerang wanita yang masih muda seperti usia 15 tahun ke atas.

Meski sangat rentan menyerang kaum wanita, namun kanker payudara juga tidak menutup kemungkinan dapat menyerang kaum pria, yang dimana apabila kanker payudara tersebut menyerang pria dapat tumbuh dengan ganas dibandingkan tumbuh pada wanita. 

Faktor Risiko Kanker Payudara

Faktor Risiko Kanker Payudara

Sebagian besar kanker payudara terjadi akibat berbagai macam faktor resiko seperti keturunan dan lain-lain. Selain faktor risiko keturunan, adapun beberapa faktor risiko lainnya seperti : 

  • Usia
    Risiko kanker payudara meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Kanker payudara sering menyerang wanita dengan usia diatas 50 tahun, Namun tidak menutup kemungkinan kanker payudara juga dapat menyerang wanita yang berusia mulai  dari 15 tahun. 
  • Faktor Genetik
    Perubahan gen yang dibawa olah anggota keluarga dapat diturunkan dan mengakibatkan penyakit tertentu seperti BRCA1 dan BRCA2 Memiliki risiko tinggi untuk terkena kanker payudara. 
  • Menstruasi Dini
    Wanita yang mengalami menstruasi dibawah usia 12 tahun akan sangat beresiko tinggi untuk terkena kanker payudara. Hal tersebut karena peningkatan jumlah esterogen pada tubuh dalam jangka waktu yang lama. Esterogen juga dapat dikaitkan dengan kanker payudara yang dapat menyebabkan sel kanker tumbuh. 
  • Kehamilan pertama pada usia tua
    Wanita yang mengalami masa pertama kemahilannya pada usia 35 tahun keatas dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Tidak hanya itu, wanita yang melahirkan pada usia 35 tahun ketas dapat melahirkan bayi prematur. 
  • Jenis Kelamin
    Wanita lebih beresiko tinggi untuk terkena kanker payudara dibandingkan dengan pria. 
  • Menopouse usia lanjut
    Menopuse setelah usia 50 tahun dapat meningkatkan risiko untuk terkena kanker payudara. 
  • Pola hidup yang tidak sehat
    Kasus kanker payudara dapat meningkat karena gaya pola hidup yang tidak sehat, serta kurangnya olahraga yang mampu meningkatkan kanker payudara. 

Menjaga pola gaya serta makan yang sehat dapat menurunkan risiko kanker payudara. oleh sebab itu, sangat penting sekali menjaga pola makan dan hidup sehat untuk menghindari risiko kanker payudara. 

Sekian dulu infromasi yang dapat kami bagikan mengenai Faktor Risiko Kanker Payudara untuk anda, semoga bermanfaat, dan sampai jumpa.

Informasi lainya :
obat abses payudara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *